Dragonrider's Headquarter

Tuesday, January 27, 2009

Nokia Symbian S40 vs Symbian S60

Mungkin banyak diantara kita yang memiliki handset (mobile phone) bermerek Nokia, namun seringkali kita tidak tahu sistem operasi apa dan yang mana yang digunakan pada handset Nokia tersebut. Kebanyakan handset Nokia yang beredar menggunakan sistem operasi Symbian S40 atau Symbian S60 meskipun ada handset Nokia yang menggunakan sistem operasi Symbian seri yang lain. Namun dalam bahasan kali ini saya hanya akan membahas perbandingan antara sistem operasi Symbian S40 dengan Symbian S60 karena kedua sistem operasi ini yang banyak dipakai oleh kebanyakan handset Nokia.


Perbedaan OS Nokia Symbian S60 dengan OS Nokia Symbian S40 :

1. Nokia Symbian S60 memiliki tombol menu sedangkan Nokia Symbian S40 tidak.

Mari kita mulai dengan membedakan secara cepat mana handset dengan sistem operasi Symbian S40 dan Symbian S60.
Mengenali handset Nokia Symbian S60 cukup mudah ditandai dengan adanya tombol menu khusus untuk masuk ke menu utama. Pada handset Nokia Symbian S40 tidak ada tombol menu melainkan hanya softkey kiri dan kanan. (maaf, belum ada gambarnya untuk saat ini.)
Kedua perbedaan ini dapa anda gunakan untuk membedakan secara cepat ketika anda melihat suatu ponsel Nokia apakah ia menggunakan sistem operasi Nokia Symbian S40 atau Nokia Symbian S60.

2. Nokia Symbian S60 dapat menjalankan aplikasi Symbian sedangkan Nokia Symbian S40 tidak.

Memang aneh karena meskipun mengusung nama Symbian, Nokia Symbian S40 hanya dapat menjalankan aplikasi Java (.jar) dan tidak dapat menjalankan aplikasi Symbian (.sis). Sedangkan Nokia Symbian S60 sudah barang tentu dapat menjalankan aplikasi Symbian (.sis). Hal ini menjadikan Nokia Symbian S60 memiliki lebih banyak pilihan aplikasi untuk dijalankan.

3. Nokia Symbian S60 dapat terinfeksi virus sedangkan Nokia Symbian S40 tidak.

Benarkah demikian? Memang ternyata Nokia Symbian S40 tidak dapat terkena virus (sepanjang pengetahuan penulis sih begitu ...) karena Nokia Symbian S40 hanya dapat menjalankan Java sedangkan Nokia Symbian S60 berpotensi terinfeksi virus dari aplikasi Symbian. Hal ini menjadi nilai plus bagi Nokia Symbian S40 karena imun terhadap segala jenis virus ponsel sedangkan Nokia Symbian S60 harus diimunisasi dengan antivirus khusus Symbian agar tidak terinfeksi virus.

4. Nokia Symbian S60 dapat melakukan multitasking sedangkan Nokia Symbian S40 tidak.

Salah satu kelebihan lain dari Nokia Symbian S60 adalah kemampuannya untuk melakukan multitasking (menjalankan lebih dari satu aplikasi dalam satu waktu) sehingga memudahkan mereka yang sering berpindah-pindah antar aplikasi tanpa menutup aplikasi yang sedang berjalan. Sedangkan pada Nokia Symbian S40 yang notabene hanya dapat menjalankan satu aplikasi pada satu waktu maka anda harus bergantian ketika akan menjalankan aplikasi yang lain.
Sebagai contoh bila anda menggunakan handset Nokia Symbian S40 dan anda sedang chatting di eBuddy kemudian anda ingin browsing melalui Opera Mini anda hanya perlu meminimize aplikasi eBuddy dan menjalankan Opera Mini tanpa harus menutup eBuddy, namun bagi anda pengguna Nokia Symbian S40 maka anda harus menutup aplikasi eBuddy ketika akan menjalankan Opera Mini.

5. Aplikasi pada Nokia Symbian S40 tidak perlu di Install hanya di Copy-Paste-kan sedangkan pada Nokia Symbian S60 sebaliknya.
Ada lagi kelebihan Nokia Symbian S40 dari kemudahannya dalam menginstall aplikasi yaitu semua aplikasi yang berjalan di Nokia Symbian S40 dapat langsung si Copy-Paste-kan ke dalam handset bila anda menginstalasikannya dari PC. Sedangakan pada Nokia Symbian S60 ada proses instalasi ketika ingin menginstall aplikasi seperti layaknya sebuah PC.

Nah, anda kini telah mengetahui perbedaan antara handset Nokia Symbian S40 dengan OS Nokia Symbian S60 (bagi yang belum tahu ..). Kini anda mungkin menanyakan mana sistem operasi yang lebih baik apakah Nokia Symbian S40 atau Nokia Symbian S60.
Jawabannya tergantung dari selera dan kebutuhan anda. Bila anda tak ingin repot dengan urusan virus dan ingin kepraktisan dalam menginstall aplikasi maka Nokia Symbian S40 pilihannya. Sebaliknya bila anda ingin handset Nokia dengan kemampuan multitasking dan pilihan aplikasi yang lebih banyak maka Nokia Symbian S60 pilihan anda.

Baiklah, sekian untuk sekarang, jangan lupa bila anda berkenan tinggalkan sedikit komentar, kritik ataupun saran pada kolom komentar dibawah. Semoga artikel ini bermanfaat.

17 comments:

Anonymous said...

Silahkan sampaikan feedbacknya disini.....
Kritik tetap diterima...

Anonymous said...

Untuk memberikan comment silahkan pilih comment as: Name/URL
dan silahkan ikuti intruksi dilayar

bara said...

terima kasih penjelasannya sangat bermanfaat.

Anonymous said...

oke terima kasih atas infonya, ketemu juga apa yang saya cari..

Anonymous said...

sip keren banget... postnya
makasih ats ilmunya suhu,,,,

joyo said...

TengYu coy

nama said...

setahu aku symbian s60 tuh kalau di bandingin ama s40 memang jauh beda.... yang diatas tuh benar... tapi s40 dengan mengusung sistem java lebih multi fungsi.... karena sepetahuan saya dan teman2 aplikasi java lebih banyak game yang seru dan aplikasi yang keren.... dari pada simbian s60.... dan java juga bisa dikembangkan sendiri... sedangkan symbian s60 tidak bisa....
coba deh tanya kebanyakan orang....

kalau pakai pera mini atau apa gitu yang buat browsing internet, pakai symbian atau java.... mesti banyak yang java... karena s40 mengusung aplikasi java tuh banyak maksudnya... makasih...

Unknown said...

trims atas infonya

Admin said...

Salah satu nilai plus lagi dari Symbian S60 adalah dapat menjalankan aplikasi Symbian (sis) dan Java J2ME (jar) sedangkan S40 hanya dapat menjalankan Java J2ME saja.

Penulis Blog said...

mantap infonya,,
jadi untuk membedakannya cukup lihat keypadnya aja ya,,

yang tidak ada tombol menu berti s40,,,
makasih tambahan ilmunya sob..


Salam GAPTEK

alwanz said...

ijin copas gan :D

Anonymous said...

thanks ya,,
maju trus..

Anonymous said...

Mantabs infonya gan, .... bagus bgt

agi said...

Symbian memang menjadi OS gadget yang sangat legendaris yang patut mendapat tempat penghormatan tersendiri dalam sejarah gadget dunia. Miris sekali mengetahui kalau santer beredar bahwa Nokia berikan data penggunanya ke Microsoft. Hal ini terkuak di berita yang dimuat http://bit.ly/1fuS0RD . Tentu saja hal ini menjadi keresahan tersendiri bagi para pengguna gadget legendaris ini.

Zenfone said...

Ane baru tau gan perbedaannya.. Sayang os ini sekarang udah mulai ditinggalkan

Peternak Hebat said...

wah dlu punya e63 gan , itu s40 apa s60 ya ?

Ace Maxs said...

mantap dah
http://acemaxs.9kes.com

Post a Comment

 
Powered by Olark